02 September, 2008

Yuk, Sambil Menyelam Minum Air

Puasa adalah Ibadah wajib selama satu Bulan penuh yang harus dilakukan bagi setiap Muslim, selain berfungsi untuk mempertebal Keimanan dan Ketaqwaan kita kepada Allah SWT, ternyata bayak sekali hikmah dan manfaat bagi kita semua setelah melakukan Ibadah puasa tersebut.

Disamping itu kita juga akan merasakan 2 Kebahagiaan ketika berpuasa sebagaimana janji Allah, ada dua Kebahagian yang akan diterima oleh seseorang yang berpuasa, pertama adalah, kebahagian dan kesenangan ketika berbuka puasa dan yang kedua adalah kebahagian dan kesenangan pada saat menerima pahala puasa di Akhirat kelak.

Selain manfaat spiritual puasa juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kita sebagaimana yang terkandung dalam Hadits Nabi “ Shumu Thasiqu” yang berarti berpuasalah niscaya kamu sehat, untuk itu tidak perlu khawatir bagi Rekan-rekan yang sedang memiliki halangan penyakit tertentu Yakinlah mudah-mudahan dengan satu keyakinan kita berpuasa Insya Allah penyakit kita menjadi sembuh.

Disisi yang lain bagi mereka yang mempunyai kelebihan berat badan marilah kita jadikan moment puasa ini untuk mengendalikan nafsu makan kita sehingga secara tidak kita sadari telah melakukan diet.

Selama ini banyak orang terlena dengan berbagai teori diet yang ada. Mulai dari harus menghitung kalori, stop makan malam, mengganti komposisi menu dengan sayur dan buah, menambah jatah olahraga, memperbanyak frekuensi buang air besar, dan lainnya.

Semua teori tadi terasa sangat menyiksa dan berat dijalani. Hasilnya, belum tentu permanen. Tak jarang, berat badan (BB) akan semakin bertambah ketika kita tidak sedang berdiet lagi. Orang gemuk, sebenarnya hanya soal salah dalam memanag pola makan saja, dan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu yang dirasakan enak di mulut serta lepas control dalam makanan.
Agar tubuh tetap langsing dan ideal, salah satu cara efektif adalah dengan melakukan Puasa, nah tul kan sambil menyelam minum air….. Batal dong puasa kita.


11 komentar:

  1. halo pak.
    fotonya bagus ya

    BalasHapus
  2. iya, dengan puasa, bisa diet, badan juga sehat, gak tersiksa karena memikirkan makan, apa lagi kalo puasanya diniat kan karena ALLAH SWT .. he he he

    BalasHapus
  3. selamat berpuasa :-D

    BalasHapus
  4. Benar mas, banyak bahagia kok kalau mau ambil hikmah yang terkandung di dalamnya.

    BalasHapus
  5. selamat menunaikan ibadah puasa, smoga amal kita ditrima

    BalasHapus
  6. Banyak juga orang setelah lewat bulan puasa malah tambah berat badan...
    Jadi bingung...

    BalasHapus
  7. Insya Allah semua penyakit bisa sembuh dengan melakukan puasa ini.

    BalasHapus
  8. KEPADA PARA BLOGGER YANG SEDANG BERPUASA ..SEKALIAN …..YANG MAMPIR KESINI..

    SAYA MINTA TOLONG DI BANTU,….

    COBA KE

    http://galeter.wordpress.com

    BalasHapus
  9. amiin, semoga kita masih diberi kesempatan untuk menemukan kebahagiaan itu sepanjang ramadhan tahun ini, pak sholeh, terutama saat menikmati buka puasa ....

    BalasHapus
  10. Iya Mas, memang puasa lebih banyak manfaatnya ketimbang diet tanpa target.
    (emang ada diet tanpa target? Hehe)

    BalasHapus
  11. Salam
    Klo saya kemungkinan puasa malah bisa tambah gemuk karena jadi sering nyemil di malam hari, klo bukan ramadhan aja sering males makan tuh he..he..*curhat colongan*

    BalasHapus