03 September, 2008

Semarak Lagu Rohani Di Bulan Suci

Seperti tradisi Tahun–tahun sebelumnya memanfaatkan moment Bulan Suci Ramadhan Tahun 1429 H ini beberapa grup musik ramai-ramai merilis album Rohani, persaingan cukup ketat terjadi antara 2 group Band Tenar Ungu dan Gigi sebagaimana di informasikan oleh Detik Musik pada hari Selasa tanggal 02 September 2008.

Grup Band GIGI dan Ungu sama-sama merilis album religi di bulan Ramadan kali ini. Dalam versus detik music, kedua album yang berbeda aliran itu bersaing ketat dengan hasil sama.
Bagi Ungu ini adalah album religi ketiga yang mereka rilis. Sebelumnya, Pasha (vokal), Makki (bass), Enda (gitar), Onci (gitar) dan Rowman (drum) pernah merilis 'Surgamu' di 2006 dan album 'Para Pencari-Mu' tahun 2007.

Sementara bagi GIGI ini pertama kalinya mereka benar-benar menggarap materi album religi. Sebelumnya mereka mengaransemen ulang lagu-lagu bernafas Islam yang telah populer di Indonesia.
Lagu tersebut termuat dalam album 'Raihlah Kemenangan' 2004, 'Raihlah Kemenangan Repackage' 2005 dan 'Pintu Sorga tahun 2006. Tahun 2007, GIGI juga sempat berkolaborasi dalam album religi Gito Rolies di lagu 'Cinta yang Tulus'.

Terlepas dari semuanya kehadiran kedua album rohani tersebut akan menambah semarak Bulan suci Ramadhan, harapan kita semua hingar- bingar acara bernuasa Agamis di media cetak maupun Elektronik ini tidak hanya di saat bulan ramadhan saja.
Semoga lagu-lagu Rohani yang dibawakan para musisi kita mempunyai dampak psikologis terhadap prilaku keseharian para musisi tersebut, terlebih lagi bisa mempengaruhi prilaku para fans dari grup musik yang telah menyanyikan lagu Rohani yang terhitung grup Band papan Atas sehingga mempunyai fans yang cukup banyak di Negeri ini, kalau itu yang terjadi musik adalah sarana yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan moral dan Agama.


23 komentar:

  1. yah semoga aja , tidak hanya sebatas bibir , namun juga merogoh relung hati , n semoga hidayah NYa senantiasa menaungi setiap langkah qt ya mas ,, aminn :D semoga.

    BalasHapus
  2. wah memang benar bisa berefek yg cukup signifikan ... :D

    makanya, musik jgnlah dijadikan sebagai ajang hura-hura semata tp lbh kearah hiburan hati & jiwa

    BalasHapus
  3. Namanya juga musiman, pasti hanya ada saat bulan ramadhan aja. Setelah itu lewat.
    harapan kita sama, supaya lagu-lagu religi gak hanya ada di Ramadhan aja, tetapi juga diluar Ramadhan.
    Salam kenal

    BalasHapus
  4. lagu2 religi gigi termasuk yang saya suka, pak. lagu "pintu syurga" menjadi favorit daya ramadhan tahun kemarin.

    BalasHapus
  5. sy bayangin dewi persik n' julia perez bikin album religi

    BalasHapus
  6. Asal jangan lantas latah saja ya, Mas...

    BalasHapus
  7. harunya kita bergembira karena musisi-musisi kita sangat2 berbakat... tidak hanya pinter membuat lagu2 bertema cinta tapi juga bisa mengolah lagu bertema religi

    BalasHapus
  8. apakah mereka ini termasuk penjual agama??? tanyakan pada rumput yang bergoyang ..

    BalasHapus
  9. semoga dakwah mereka benar2 dakwah, amiin

    BalasHapus
  10. 1 bulan pada bulan suci menelorkan lagu rohani, 11 bulan yang lain lagu maksiat....... payah. (Semoga saya salah)

    BalasHapus
  11. (Semaoga salah)menurut gw lagu adalah lagu yang ga ada ajarannya dalam Islam, entah rock, punk, dangdut, lagu rohani semua itu musik yang dalam Islam ga boleh... (semoga salah)

    BalasHapus
  12. yahhh perlu memang kita disegarkan oleh lagu2 islami mas

    BalasHapus
  13. Bulan Ramadhan memang membawa berkah bagi para artis pak Pak Achmad.

    BalasHapus
  14. hahaha ...
    malah lama ga nonton infotainment, jadinya ngga update de ...

    BalasHapus
  15. Nah, mending kaya gitu, mengisi bulan puasa dengan menciptakan lagu² religi, dari pada main petasan doang, tapi jgn lupa solat dan puasa.

    BalasHapus
  16. Sejak dulu suka lagu-lagunya Unguh. Apalagi lagu religinya.

    BalasHapus
  17. mengeksploitasi umat klo menurutku...

    BalasHapus
  18. salam
    Semua jadi mendadak nasyid ya Pak :)

    BalasHapus
  19. waktunya berjualan. kalo sudah, ya sudah. biasanya begitu.

    BalasHapus
  20. serdadu955/9/08 23:39

    Saya suka lagu religi-nya Gigi nyang di album sebelumnya Pak. "Kusadari" adalah salah satu lagu favorite saya. Kalo nyang baru ini, saya belum sempat beli.

    BalasHapus
  21. Justru kegiatan spt itu hanya ada dibulan ini saja..seiring berlalunya bulan ramadhan, maka berlalu pula hingar bingar hal2 yang berbau agama--- aneh...

    BalasHapus
  22. Tuhan Maha Pengasih.. maka para pemusik pun Ia kasih rejeki :D

    BalasHapus