06 Agustus, 2008

Egois, Jangan dipiara dong ?

Sikap egois (mementingkan diri sendiri) adalah salah satu sikap yang tanpa kita sadari melekat pada diri kita, Dan sikap ini tentu saja tidak disukai oleh orang-orang di sekeliling kita karena sikap egois adalah wujud kecil dari sebuah kekikiran .

ya orang yang egois adalah orang yang kikir, karena ia menginginkan segala sesuatu menjadi miliknya sendiri orang lain tidak boleh ikut memilikinya. Padahal dalam Agama mengajarkan kepada kita untuk gemar berbagi dengan sesama terutama kebersamaan untuk melakukan kebaikan .

Agama telah mengajarkan bahwa orang yang mampu harus mau berbagi dengan orang yang kekurangan dalam hal ini berhubungan dengan materi , yaitu dengan cara memberikan sebagian harta yang dimiliki agar dapat digunakan si miskin untuk memenuhi kebutuhannya, tapi terkadang kita merasa bahwa apa , yang kita miliki saat ini telah kita capai dengan sekuat tenaga dan cucuran keringat kenapa harus kita bagi dengan pemalas yang bisanya hanya minta-minta saja , itulah yang terlintas dalam benak kita ketika kita memutuskan untuk memberi ya nggak ?.....

Orang yang berilmu dalam berbagai bidang yang sedang di geluti harus mau berbagi dengan orang yang kurang pengetahuannya yaitu dengan memberi mereka tuntunan dan pengajaran, demikian juga orang yang berkuasa ia harus mau berbagi dengan orang kecil dan rakyat jelata dengan cara memberikan perlindungan dan pengayoman, sebagaimana janjinya dulu ketika dia belum berkuasa, mungkin sebentar lagi menjelang pemilu banyak calon pemimpin kita yang akan berjanji untuk memperbaiki ini, itu terlepas itu janji gombal maupun tidak, tapi itulah yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin yang telah menjadi pilihan rakyatnya.

Sehingga kalau kita ingin menjadi orang yang baik, janganlah anda ingin baik sendiri, jadikan baik pula orang yang ada disekitar kita, sehingga secara bersama-sama akan hidup dalam kebaikan, mudah-mudahan rasa egois itu jauh dari kita semua….. salam

11 komentar:

  1. orangndut6/8/08 18:13

    Yup, bener skali mas. Karena gak semua kebutuhan kita itu bisa kita penuhi sendiri. Apalagi pas kita lagi sakit, baru kerasa tuh gak enaknya jadi orang egois.Btul?

    BalasHapus
  2. agaknya nilai2 individualistik yang dibawa oleh modernisasi dan globalisasi gagal difilter secara baik oleh bangsa kita, pak sholeh. akibatnya, nilai2 kesetiakawanan sosial juga nyaris telah dikalahkan oleh kepentingan dan pamrih2 sempit. agaknya perlu ada kendali nilai2 spiritual secara nyata agar2 sikap individualistik itu tak mengkristal dalam sikap dan perilaku bangsa kita ...

    BalasHapus
  3. wah... saya harus ngurangin kadar egois saya neh..

    BalasHapus
  4. Dijaman apapun kita tidak bisa egois.
    Di internet aja kita malah harus sering silaturahmi, agar trafik naik.

    Salam sukses

    BalasHapus
  5. Susah kalau berurusan dengan orang egois. Saat kita membutuhkan, dia nggak mau bantu, tapi saat dia membutuhkan, dia minta bantuan setengah mati.

    BalasHapus
  6. Salam kenal dari Malaysia...

    -------------------
    Kalam Abu Musaddad
    http://ibnismail.wordpress.com

    BalasHapus
  7. Hidup memang harus seimbang, dan ada nilai saling memberi dan menerima

    BalasHapus
  8. Mas Sholeh rajin berkunjung ke orang2, makanya temannya buanyak...

    BalasHapus
  9. Moga aku orang yang nggak egois.

    BalasHapus
  10. Salam
    Duh saya sering dibilang egois cuma karena bertahan dengan prinsip yang saya yakini kebenarannya, tapi klo ada bantahan yang logis malah saya sie terima-terima aja...mm klo begitu egois bukan yah?? :)

    BalasHapus