04 Agustus, 2008

Mahalnya sebuah Kejujuran

Kejujuran adalah sesuatu yang langka dalam kehidupan sekarang ini, karena oleh sebagian orang kejujuran dianggap sebuah kebodohan yang akan menghambat kemajuan dan kesuksesan.
Lihatlah pejabat dan politikus yang jujur tidak akan cepat kaya dan masih segar dalam ingatan kita tentang banyaknya mantan pejabat yang kena kasus korupsi demikian juga dengan para politisi kita, Guru yang jujur tidak akan bisa hidup dalam kecukupan ekonomi, bukan maksud kami untuk menyinggung perasaan Bapak Ibu Guru kita yang sangat kita hormati tapi kalau kita boleh jujur bukankah demikian adanya, karyawan dan buruh yang jujur akan selalu menjadi sasaran eksploitasi pengusaha ( pemilik Modal) karena dianggap lahan empuk bagi pengusaha untuk menangguk keuntungan yang besar, Pebisnis dan pedagang yang jujur tidak akan dapat mengeruk untung sebanyak-banyaknya dan sudah menjadi rahasia umum dalam dunia perdagangan harus tega untuk menipu orang, meskipun hanya dilakukan oknum kecil dari pedagang, bahkan sebagian orang mengatakan “ yang jujur akan hancur ?” .
Tapi apakah memang demikian realitanya ?

Tidak! Bagaimanapun kejujuran harus kita pertahankan dalam hidup kita, karena kejujuran akan selalu mendatangkan ketenangan hati dan jiwa.
Kejujuran adalah sesuatu yang indah, karena ia akan selalu membawa berkah dalam hidup meskipun tidak berlimpah apa yang kita terima, lebih dari itu kejujuran akan mendapatkan balasan yang mulia dari Sang Pencipta kelak bagi Orang-orang yang punya Keyakinan.

Boleh jadi kejujuran memang sulit di praktekkan di Zaman seperti ini, Dimana segala sesuatunya diukur dengan materi yang hanya untuk memenuhi syahwat keduniawian, Tapi bukan berarti kejujuran tidak bisa kita lakukan dalam mengarungi hidup.

Karenanya seorang yang mampu bersikap jujur, niscaya ia akan mendapat apresiasi tinggi dari Sang Pencipta bukankah ini lebih penting untuk kita, meski di hadapan manusia terkadang dikucilkan karena dianggap sok suci, moralis dan lain-lain , marilah kita mulai untuk jujur dalam segala hal yang mulai menjadi barang langka di negeri ini minimal jujur kepada diri kita sendiri.

14 komentar:

  1. Yup, jujur itu penting. Karena yang penting itu berkah atas harta dan rejeki kita.

    BalasHapus
  2. marsudiyanto4/8/08 14:36

    Kita walikan Mas. Saya Asli dari Colo Muryo, tapi cari makan di Kendal. Masnya Kendal Mana????

    BalasHapus
  3. Salam Buat Mbak Dwi... Kapan main ke SMA Kendal???. Kalau P. Basir masih sering ke SMA.

    BalasHapus
  4. terlebih untuk mencoba jujur di negeri yang bernama indonesia ... mahaaaaaaal

    BalasHapus
  5. Jujur memang harus selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kadang-kadang berbohong pun harus kita lakukan demi kebaikan.

    BalasHapus
  6. jujur memang kosakata yang makin mahal di tengah peradaban yang sakit ini, pak sholeh. ada yang bilang, orang yang jujur makin babak belur, durjana saya kepenak. makanya banyak yang memilih jadi durjana. semoga kita masih bisa eling lan waspada, pak sholeh, terhadap nilai2 kejujuran itu.

    BalasHapus
  7. ya memang jujur itu mahal sekarang..
    tapi ya bukan berarti kita bisa menemukan orang jujur diluar sana..
    ya mari kita mulai perjuangan mengajarkan kejujuran,hehe

    BalasHapus
  8. Betul tuh pak, kejujuran benar2 barang yang sangat mahal saat ini. apalagi kejujuran pada kalangan atas seperti pemerintah. korupsi tidak terelakkan...

    BalasHapus
  9. Untuk bersikap jujur sangat sulit dilakukan, apalagi sudah terbiasa berbohong, yah banyak sejarah diputar-puter, untuk membohongi masyarakat

    BalasHapus
  10. Nambah, jujur pada diri sendiri pun jadi barang langka di negeri ini

    BalasHapus
  11. wah mo koment aja harus verivikasi kata, di non akyifkan aja oom biar enak klo koment

    BalasHapus
  12. mang harganya berapa euy !?!?

    kalau mahal ,berarti bisa dihargai yak.... tp klo menurut gw kejujuran itu, nggak da harganya, sehingga orang nggak bisa menjual & membeli sebuah kejujuran

    BalasHapus
  13. makanya dalam memilih pemimpin juga yang terpenting ia jujur dan amanah. :)

    Salam semangat

    BalasHapus
  14. Kejujuran juga merupakan sebuah "PILIHAN"

    BalasHapus