22 Oktober, 2008

Pansus Orang Hilang Antara Keadilan dan Politisasi Nasib Rakyat

Ramai-ramai munculnya pansus orang hilang di beberapa pemberitaan akhir-akhir ini tidak lebih dari sekedar menarik simpati bagi keluarga korban untuk kepentingan pemilu yang akan datang sebagaimana di beritakan http://www.kompas.com/ pada tanggal 22 Oktober 2008 bahwa Ketua Pansus Orang Hilang Effendi Simbolon dari Fraksi PDI-P mengatakan bawa aktifnya kembali pansus disebabkan tak selesainya kasus ini di Kejagung. Malahan, menurut Effendi, Kejagung membalikkannya dengan meminta Presiden mengeluarkan Keppres Pembentukan Pengadilan Ad-hoc."Sebenarnya bilamana pemerintah proaktif presiden menginstruksikan Kejagung melakukan penyelidikan atas temuan Komnas HAM maka tidak harus ke DPR. Jadi, jangan disalahkan DPR itu melakukan prakarsa dan proaktif," ujar Effendi di Gedung DPR RI kemarin, Effendi mengatakan Kejagung justru membalikkan masalah ini dengan meminta Keppres pembentukan pengadilan Ad- hoc yang hanya bisa jika ada persetujuan dari DPR.

Terlepas dari apa yang terjadi di lingkungan legislative, Eksekutif dan Yudikatif saat ini yang jelas keluarga korban saat ini akan tetap menuntut keadilan atas lenyapnya keluarga mereka dari muka Bumi ini tanpa meninggalkan jejak, kita semua berharap agar lembaga terkait yang dipercaya untuk mengungkap kebenaran dan yang sesungguhnya terjadi melakukan pekerjaan dengan tanpa embel-embel politis dan memanfaatkan moment tersebut untuk kepentingan tertentu. Rasanya rakyat sudah semakin letih dan muak dengan permainan sandiwara para elit di Negeri ini yang dengan enaknya mempermainkan nasib orang lain demi untuk kepentingan politiknya, apalagi pada saat menjelang Pemilu seperti ini apapun bisa dijadikan komoditas politik.

Sebenarnya kita semua sebagai rakyat kecil tidak menuntut terlalu berlebihan kepada para penguasa dan elit politik yang dibutuhkan saat ini hanyalah sebuah pengayoman dari Orang-orang yang berkuasa saat ini sehingga Rakyat merasa dilindungi apalagi dengan adanya krisis Global yang mulai terasa dampaknya bagi rakyat, untuk itu kita semua ingin mengingatkan kepada para elit di Negeri ini untuk tidak lagi bermain-main dengan nasib rakyat kecil.


9 komentar:

  1. Sebenarnya bila sesuatu dikerjakan dengan 'hati' maka hasilnyapun akan nampak efektif dan tepat sasaran.
    Tapi bila kasus menjadi bahan politik dan terlalu didramatisir, maka lihatlah hasilnya.. yang ada hanya riya' dan pamrih. Kasus demi kasus tak jua selesai hingga tuntas

    *kurang nyambung ya bro* :)

    BalasHapus
  2. Mudah2an saja bukan komoditas politik belaka..

    BalasHapus
  3. Kalau semua berfikir untuk kebaikan bangsa terutama rakyatnya maka semua masalah akan selesai dengan baik.

    Kadang perjalanan hidup atau sejarah butuh pengorbanan, para pejuang masa lalu telah membuktikan untuk kebaikan dan kemerdekaan negeri ini.

    BalasHapus
  4. Pada titik tertentu penguasa mandul dalam kebijakan, tumpul dalam bicara. Pada saat itu rakyat tidak usah menuntut apa-apa dari pemerintah, bahkan untuk hal pengayoman. KEmandirian..
    Lha kok pemerintah mirip icon, ya?

    BalasHapus
  5. Mestinya jangan bentuk Pansus, percumah saja seperti yang sudah sudah. Harusnya buat komisi, seperti korupsi ditangani KPK, kalau orang hilang mungkin KPO (komisi pemberantasan orang hilang) ya....

    BalasHapus
  6. Persoalannya bukan tidak berani mengusut atau menuntaskan, Mas. Tapi hal tersebut akan merembet ke banyak pihak dan banyak nama di elit. Itu yang dikhawatirkan.

    BalasHapus
  7. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia... klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    http://www.lintasberita.com/Hiburan/Bagaimana_cara_meletakkan_blog_anda_di_posisi_nomor_satu_1_Google

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita's widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks.... sory klo keliatannya spamming.. but seriously... im just helping you out here

    BalasHapus
  8. yah.. Pansus ini giat lagi cari kerjaan, karena untuk mengimbangi iklan si Ketua HKTI dan Asosiasi Pedagang Pasar itu.. ha..ha... :lol:

    BalasHapus
  9. Saya ndak bisa komentar pada postingan berat2...

    BalasHapus