12 Maret, 2011

Foto Gempa dan Tsunami di Jepang 11 Maret 2011

Di Jepang pada 11 Maret 2011 kemarin sekitar pukul 14.46 waktu setempat telah terjadi gempa dengan kekuatan 8.9 SR, dilanjutkan dengan gempa-gempa susulan berikutnya telah menimbulkan tsunami setinggi 10 meter yang mengakibatkan kerusakan cukup parah dibeberapa daerah.

Berdasarkan data dari earthquake.usgs.gov, titik gempa yang menimbulkan tsunami di Jepang berasal dari radius 130 km timur kota Sendai, Honshu atau 373 km dari Tokyo dengan kedalaman 24,4 km.

Sejauh ini diperkirakan jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami mencapai seribu orang. Perkiraan itu didasarkan kerusakan bangunan dan cepatnya laju gelombang tsunami menghantam daratan.

Di tahun 1923, Jepang juga pernah diguncang gempa hebat. Gempa saat ini merenggut nyawa manusia sebanyak 140 ribu orang.

Berikut ini adalah beberapa foto yang menggambarkan betapa dahsyatnya gempa serta tsunami yang terjadi di Jepang pada Jum'at 11 Maret 2011.

Tampak mobil-mobil hanyut terbawa arus gelombang tsunami.


Kebakaran di kilang minyak Cosmo di kota Ichihara di prefektur Chiba dekat Tokyo. Kebakaran dipicu gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang mengguncang Jepang.


Kapal-kapal tampak terbalik seusai diseret gelombang tsunami.

5 komentar: