23 Maret, 2011

Dewi Kandita si Putri Serba Hijau

Dewi Kandita adalah putri Raja Mundangwangi dari istri pertamanya. Popularitas Dewi Kandita dan ibunya Dewi Rembulan Tidak diragukan. Mereka dikenal karena, kebaikan keindahan dan keramahan, dan orang-orang mengasihi mereka.

Namun, penderitaan hidup mereka dimulai ketika Dewi Mutiara, istri lain Raja Mundangwangi, dikenal secara lokal sebagai Selir, menjadi hijau dengan iri dan tumbuh ambisi untuk menjadi istri pertama, sehingga layak kasih sayang dan perhatian penuh dari raja.

Mimpi Dewi Mutiara benar-benar datang ketika suatu hari ia melahirkan anak yang telah lama dirindukan sang raja. Melalui bantuan seorang penyihir, Dewi Mutiara membuat istri raja Dewi Rembulan dan Dewi Kandita menderita 'aneh ' penyakit, dengan tubuh mereka ditutupi dengan kudis yang menciptakan bau ikan. Penyakit ini memimpin mereka untuk dikirim ke pengasingan di hutan dimana nantinya Dewi Rembulan meninggal. Setelah perjalanan panjang, keras dan tak berdaya, dengan Dewi kudis tertutup Kandita akhirnya tiba di sebuah pantai di mana ia bertemu dengan seorang pria, pemuda tampan yang berjanji untuk menyembuhkan penyakitnya.

Atas permintaan pemuda itu, Dewi Kandita mengejarnya saat ia berlari di sepanjang pantai. Ketika ia mencapai air, orang itu menghilang dan, terkejut, semua kudis menghilang tetapi, anehnya, dia tidak bisa bergerak kakinya. Setengah tubuhnya, dari pinggang ke bawah, telah berubah menjadi tubuh ikan.

Sejak itu ia menjadi peri laut, dan penduduk setempat percaya bahwa Nyi Roro Kidul adalah manifestasi dari Dewi Kandita

5 komentar: