23 Agustus, 2008

Sistem Pendidikan Kita, belum berorientasi ke dunia kerja

Pemerintah dan para pakar pendidikan di Negeri ini harus secepatnya merumuskan serta mengubah sistem pendidikan nasional ke sistem yang lebih mengutamakan kompetensi dan keahlian siswa, karena Sistem yang ada sekarang ini dinilai hanya berkontribusi besar terhadap tingginya angka pengangguran dengan sumbangan terbesar lulusan sekolah menengah atas.

Sistem yang dikembangkan di sekolah selama ini cenderung berorientasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki nilai akademis sesuai dengan aturan yang ditetapkan, seperti program Ujian nasional yang telah berjalan beberapa Tahun belakangan yang menimbulkan keresahan di sebagian masyarakat. Bakat dan minat siswa terhadap sesuatu hal yang sebenarnya bisa dijadikan bekal setelah selesai atau lulus dari proses pendidikan sangat kurang mendapat perhatian.

sistem pendidikan berbasis kompetensi yang sedang berjalan saat ini belum cukup optimal, sistim tersebut masih mengedepankan prestasi akademis dari sisi lembaga pendidikan, dan masih jauh dari sentuhan sisi penyerapan pasar kerja. Kurikulum yang dipakai saat ini masih banyak yang belum sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Dengan adanya program Pemerintah yang mulai digaungkan belakangan ini melalui porsi 60% SMK : 40% SMA, ini merupakan harapan baru di Dunia pendidikan kita saat ini untuk lebih siap dalam menghadapi dunia kerja, karena kurikulum di SMK lebih mengutamakan bagaimana mendidik siswa siap bekerja setelah lulus SMK.

Sekarang kita tinggal menunggu kepedulian masyarakat dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya, karena ketika program 60 : 40 telah berjalan efektif dan berdampak lebih baik bagi Masyarakat yang berekonomi pas-pasan, kita semua yakin bahwa system pendidikan yang berorientasi ke dunia kerja akan menjadi pilihan utama.

3 komentar:

  1. memang seperti itu kenyataannya bung, mudah2an semakin banyaknya smk semakin baik untuk solusi lulusan sekolah menengah dalam menghadapi dunia kerja

    BalasHapus
  2. kadang sekolah dpt gelar tp malah ngga pede dan mesti belajar praktik/praktis lg di dunia nyata.. :( kalah ama yg mis. otodidak..kec memang mo jd pendidik, nyari jabatan fungsional.. :)
    salam kenal jg bos..

    BalasHapus